Skinpress Rss

Sabtu, 20 Oktober 2012

Cara dan Tips Hidup Sehat Alami

0


Kesehatan seseorang sebenarnya berhubungan langsung dengan gaya hidup dan kebiasaan-kebiasaan seseorang. Berbagai penyakit yang kadang menjangkiti tubuh kita juga biasanya terkait dengan hal-hal apa yang telah kita lakukan. Terutama soal konsumsi makanan.
Perut merupakan sumber aneka macam penyakit yang membahayakan tubuh. Dan bahaya perut dimulai dari kebiasaan kita mengisi apa-apa saja makanan yang masuk ke perut melalui mulut. Sehat itu mahal, tapi juga cukup murah untuk bisa dinikmati. Mahal akan kita rasakan jika sebuah penyakit telah menjangkiti tubuh, penyakit akan membutuhkan biaya penyembuhan yang mahal, itulah kenapa dikatakan bahwa sehat itu mahal.
Namun untuk dapat sehat ternyata cukup mudah, Anda tinggal memanfaatkan tips hidup sehat alami yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan cara yang murah dan sederhana, Anda dapat hidup sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit yang membahayakan tubuh dan keuangan.

Tips hidup sehat alami merupakan cara dan trik yang dilakukan untuk menjaga kesehatan secara sederhana, logis, alami dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Pola hidup sehat yang satu ini hanya membutuhkan ketekunan dan kegigihan para pelakunya untuk tetap konsisten melakukan tips-tips tersebut.
Tips hidup sehat alami diawali dengan merubah kebiasaan-kebiasaan pola hidup yang buruk dan mengganggu kesehatan seseorang.
Ada banyak kebiasaan-kebiasaan pola hidup yang buruk yang sering kita lakukan, baik karena ketidak tahuan kita terhadap dampak dan efek kebiasaan tersebut maupun karena faktor malas dan tidak disiplin. Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa sebuah kebiasaan yang dilakukannya akan berdampak buruk bagi kesehatannya namun ia tetap melakukan.
Sebagai contoh kebiasaan buruk merokok seseorang. Merokok sangat-sangat berdampak buruk bagi kesehatan, tapi pada kenyataannya rata-rata kaum pria yang kita temui hari ini masih sangat candu dengan konsumsi rokok. Mereka hanya akan berhenti saat telah divonis dokter dengan penyakit yang berbahaya, sungguh mengenaskan bukan?
Memulai tips hidup sehat alami artinya mengendalikan kebiasaan buruk Anda soal kesehatan, maka kaitannya akan berhubungan dengan pola kedisiplinan diri seseorang.

Pola Hidup Sehat Alami

Terkait dengan tips hidup sehat alami, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan secara mudah dan sederhana. Dan tentunya Anda juga sudah sering mendengar nasihat-nasihat orang untuk melakukan beberapa cara berikut;
  1. Jangan lupakan olahraga
    Sesibuk apapun aktivitas keseharian Anda, sempatkanlah melakukan olahraga barang sejenak. Misalnya dengan berjalan kaki dan melakukan senam-senam ringan di rumah. Olahraga akan menjaga kebugaran tubuh, memperlancar saluran darah, menyegarkan otak, menjaga postur tubuh dan sebagainya. Ini merupakan cara sehat yang cukup mudah namun cukup sulit dilakukan bagi orang-orang yang malas dan tidak disiplin.
  2. Cek jumlah air putih yang Anda minum
    Meskipun Anda seorang penggemar fanatik minuman seperti kopi, the dan sebagainya, jangan pernah lupakan konsumsi air putih Anda sehari-hari. Air putih yang Anda minum akan membersihkan dan membilas ginjal Anda. Tanda orang yang rajin minum air putih adalah air seni yang ia keluarkan akan berwarna putih.
    Sementara bagi mereka yang malas, warna air seni akan kuning dan kecoklatan. Warna air seni yang tidak jernih menandakan ginjal Anda tidak bersih alias kotor. Oleh sebab itu tips hidup sehat alami yang cukup mudah dan sederhana adalah dengan rajin mengkonsumsi air putih.
  3. Rajinlah mengkonsumsi sayur dan buah
    Banyak orang-orang yang malas memakan sayur dan buah lantas menggantikannya dengan mengkonsumsi aneka makanan suplemen. Vitamin yang Anda makan melalui sayur dan buah-buahan lebih alami ketimbang pil sebuah vitamin yang Anda telan. Namun demikian, jika Anda sosok yang sudah cukup gemar memakan buah dan sayur, jangan coba-coba lagi memakan vitamin suplemen, karena hal tersebut bisa menyebabkan vitamin yang masuk ke tubuh Anda melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya.
    Asupan vitamin ke dalam tubuh terbatas jumlahnya, tidak bisa jika terlalu berlebihan. Sebab vitamin hanyalah berfungsi sebagai biokatalis aneka reaksi enzimatis di dalam tubuh.

Berbagai Tips Hidup Sehat Alami untuk Anda

Jika Anda ingin terhindar dari segala macam penyakit tanpa obat-obatan, banyak sekali cara hidup sehat secara alami yang bisa Anda terapkan sehari-hari.Tips hidup sehat alami ini memang sangat mudah untuk dilakukan, tak perlu banyak biaya dan tubuh bisa selalu terhindar dari penyakit berbahaya.
Melakukan kebiasaan hidup sehat harus dilatih sejak kecil agar tidak kesulitan saat sudah dewasa. Pola hidup sehat bisa meliputi berbagai hal, mulai dari makanan, olahraga, kebiasaan-kebiasaan yang positif, dan masih banyak lagi. Anda ingin mulai untuk hidup sehat? Caranya sangat mudah!

Tips Hidup Sehat Alami

• Untuk bisa hidup sehat secara alami, harus dimulai dari dalam tubuh. Hal ini menyangkut makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari.
Penuhi gizi tubuh lewat makanan yang berkualitas. Banyak-banyaklah makan sayur dan buah segar yang kaya akan nutrisi.
• Sebaiknya hindari makanan yang berlemak dan berminyak. Misalnya makanan bersantan, daging, jerohan, atau gorengan. Bila memang ingin, Anda boleh makan tapi sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari.
• Biasakan minum susu yang penuh dengan kalsium agar tulang Anda kuat dan tidak mudah keropos. Biasakan pula minum air putih yang cukup, sekitar 7 gelas setiap harinya.
• Tips hidup sehat alami juga meliputi tentang olahraga. Anda bisa datang ke tempat/pusat olahraga bila memang diperlukan. Tapi ada cara yang lebih mudah dan hemat untuk bisa sehat dengan berolahraga.
Anda bisa jogging pagi setiap hari sambil sesekali melakukan gerakan senam. Lakukan minimal 30 menit sehari untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.
• Saat akan tidur, lakukan peregangan ringan agar tidur bisa lebih nyenyak dan bangun dalam keadaan segar bugar.
Peregangan bisa meliputi berbagai macam gerakan, salah satunya adalah dengan duduk di lantai atau kasur, luruskan kaki lalu cium lutut dan tahan dalam posisi itu dalam beberapa saat.
• Menjaga kebersihan juga merupakan tips hidup sehat alami yang sangat mudah dilakukan. Mandi dan berganti pakaian secara rutin sangat penting untuk dilakukan. Tak hanya badan, Anda pun harus menjaga kebersihan lingkungan di sekitar Anda agar bebas dari kuma-kuman penyebab penyakit.
• Usahakan selalu tidur cukup setiap hari dan jangan sampai tidur terlalu laurt malam agar tubuh tidak terlalu kecapekan.
• Hindari stres dan perasaan negatif lainnya yang bisa mempengaruhi kesehatan. Hilangkan kejenuhan atau rasa bosan dengan cara refreshing. Misalnya membaca buku, jalan-jalan, menonton film, atau sekedar mengobrol dengan teman.
• Hindari semua kebiasaan buruk yang bisa menurunkan kesehatan. Misalnya rokok, minuman bersoda, minuman beralkohol, atau mengkonsumsi minuman-minuman penambah stamina.
Rokok dan minuman-minuman seperti itu hanya akan membuat sel-sel tubuh menjadi rusak secara perlahan.
•Tips hidup sehat alami yang juga tak kalah penting adalah selalu biasakan bangun pagi dan menghindari tidur di waktu pagi.
Hal ini sudah diteliti oleh para ahli, bahwa tidur di pagi hari (sekitar jam 6-11 pagi) tidak terlalu baik untuk kesehatan. Bila Anda merasa kurang tidur saat malam hari, lebih baik tidurlah saat siang hari.

0 komentar:

Posting Komentar