Skinpress Rss

Minggu, 11 November 2012

5 Lagu yang mengubah K-pop

0


Sejak munculnya musik k-pop tahun 1992 silam, mungkin sudah ada ribuan atau bahkan jutaan lagu yang sudah di rilis. tapi yang memiliki dampak dan impact terbesar ke industri k-pop sendiri mungkin hanya beberapa. nah yang gue mau bahas kali ini adalah 5 Lagu yang sukses mengubah industri k-pop. dalam kata lain, lagu ini memberi impact yang luar biasa terhadap industri dan berjasa memperkenalkan musik k-pop ke banyak negara. check dis out!

1. Seo Taiji – Nan Arayo (I Know) — 1992
Dari lagu ini lah k-pop dimulai. Seo Taiji yang disebut-sebut sebagai “The Godfather of K-pop” ini awalnya adalah seorang rock star di usia mudanya. Seo Taiji akhirnya memutuskan untuk debut sebagai grup dance dengan nama Seo Taiji & The Boys tahun 1991, bersama Yang Hyunsuk sebagai back-up dancer (Yang Hyunsuk sekarang adalah pendiri dari almighty company YG Entertainment). mereka merilis single pertamanya tahun 1992 bertitel “I Know (Nan Arayo)”. dan disinilah awal musik K-pop dimulai.
Seo Taiji adalah artis pertama di Korea Selatan yang menggunakan midi technology untuk karya musiknya, dengantujuan untuk menciptakan musik yang belum pernah didengar rakyat Korsel (pada saat itu, musik korea didominasi oleh penyanyi trot) dan percobaan Taiji ini berujung sukses besar.
single “I Know (Nan Arayo)” menguasai korea, merebut hati anak muda. dan menduduki posisi #1 chart selama 17 Minggu berturut-turut! satu rekor yang belum terpecahkan sampai sekarang, debutnya “Nan Arayo” juga harus memaksa beberapa penyanyi trot harus pensiun pada saat itu. DAN DISINILAH K-POP DIMULAI.
2. H.O.T – Candy — 1996
Candy membawa H.O.T dan SM Entertainment menuju puncak kesuksesan, single ini sukses mengubah musik mainstream Korea menjadi musik yang cocok untuk generasi muda. para personil yang masih berumur dibawah 20 tahun pada saat itu memang di targetkan untuk meraih hati teenager-teenager di Korea Selatan. dengan menjadi Idol Group pertama di korea, H.O.T sukses mengawali trend “Idol Group” di industri k-pop.
Aktor dibalik kesuksesan itu semua adalah Chairman dari SM Entertainment,Lee Sooman. love him or hate him, dia lah yang membuat trend “Idol Group” di korea dan mengubah sebuah artis/grup jadi “merchandise”. dengan artian, mereka tidak hanya menjual talenta, tetapi juga menjual paras dan lain-lain. Lee Sooman juga berjasa mempopulerkan bagaimana seorang idol harus di training dulu baru debut. sebelumnya, artis-artis tidak ada yang memakai fasilitas training dari company mereka dan harus mempromosikan diri sendiri secara independen.
Candy juga membuat dampak bagaimana singer group lebih populer daripada solo singer, yang sekarang menjadi ciri khas dari industri k-pop.
3. Big Bang – Lies — 2007
Lies adalah lagu yang melambungkan Big Bang ke level stardom, lewat Lies ini. Big Bang memperkenalkan music electronic (loop, synthesizers etc) ke kuping masyarakat Korea selatan sekaligus mengawali trend musik electronic di industri k-pop. dan Lies juga memapankan musical style mereka. mungkin bisa disebut Big Bang adalah satu dari sedikit k-pop group yang punya musik/genre sendiri. banyak yang menyamai musik Big Bang dengan musisi papan atas di Amerika Serikat seperti Black Eyed Peas.. kalau kata personil Brown Eyed Girls Ga-In. “jika saya bisa mengoleksi CD, saya akan membeli semua karya Big Bang, karena mereka punya musik sendiri yang khas”
4. Wonder Girls – Tell Me — 2007
Sama seperti Big Bang, Tell Me adalah lagu yang melambungkan Wonder Girls ke level stardom (padahal member dari Wonder Girls sendiri pesimis kalau Tell Me akan sukses). dan, Tell Me juga mempunyai dampak yang besar terhadap industri k-pop. bersama Big Bang (atau yang sering di kenal dengan WonderBang couple). mereka membuat beberapa group yang debut sebelum mereka menjadi irelevan.
Tell Me juga mengubah struktur kpop sendiri. lagu ini memperkenalkan english chrorus yang repetitif untuk pertama kalinya, yang akhirnya menjadi trend di k-pop sampai sekarang. mungkin kalau tidak ada single tell me, juga tidak akan ada single yang memakai pattern yang sama dengan Tell Me ini, seperti Super Junior’s “Sorry Sorry”, SHINee’s “Ring Ding Dong”, Secret’s “Shy Boy” dan lagu-lagu lain yang memakai chorus english yang repetitif lainnya.
Koreografi dari Tell Me juga merupakan salah satu breakthrough di industri k-pop, mereka mempopulerkan koreografi yang adiktif dan easy to follow. sampai-sampai, semua masyarakat Korea dari yang berprofesi sebagai pekerja kantoran, polisi, suster, guru dan selebritis pun dapan meniru koreografi Tell Me pada saat itu. demam yang saat itu dinamakan sebagai“Tell Me Syndrome” di korea, dan dari single Tell Me inilah yang membuat Wonder Girls mendapatkan prediat “Korean Little Sister” di Korea pada saat itu. predikat yang saat ini dipegang oleh IU.
5. Girls’ Generation – Gee — 2009
Siapa penggemar k-pop yang tak kenal lagu satu ini? gue rasa gak ada. dan pastinya, banyak orang yang jatuh ke musik k-pop karena diperkenalkan oleh lagu dari SNSD ini. Gee sebenarnya adalah second coming dari single Tell Me. kalau Wonder Girls adalah pencipta, SNSD mematenkannya di lagu ini. dengan menggunakan pattern yang sama minus repetitif chorus. koreo yang adiktif dan easy to follow, hook-hook yang gampang nempel. lagu ini berubah menjadi lagu wajib untuk musik k-pop.
Gee adalah satu-satu nya lagu yang bisa memenangkan music bank k-chart selama 9 minggu berturut-turut! sebuah prestasi yang tidak main-main. dan lagu ini dinamakan sebagai lagu k-pop terbaik selama 10 tahun terakhir! inilah yang membuat SNSD meraih predikat “National Girlgroup” di korea sana.
dan banyak juga yang menyebut kalau Gee adalah parameter dari modern kpop. bahkan netizen sering menyebut zaman kpop dengan “Before Gee” &“After Gee”
written by maman jig

0 komentar:

Posting Komentar