Skinpress Rss

Senin, 17 Desember 2012

Serunya Membuat Cokelat Valentine Sendiri!

1


Tentunya cokelat valentine ini lebih populer daripada bunga atau boneka. Di mana cokelat ini tidak hanya memiliki rasa yang sangat enak, tapi juga bentuk yang unik. Ya, valentine bukan hanya hari penuh cinta, tapi juga berhasi membuat kreativitas para pembuat cokelat menjadi tinggi. Berbagai bentu cokelat dibuat, mulai dari bola-bola, bentuk boneka, bentuk hati dan aneka bentuk lainnya yang  membuat hari valentine menjadi lebih indah dan penuh cinta. 
Hari valentine kemudian menjadi lebih ramai dari hari raya keagamaan, karena semua orang dari berbagai agama merayakan hari penuh cinta ini. Tidak perduli bagaimana kisah awalnya, namun akhirnya menjadi budaya hingga saat ini.

Makna Cokelat Valentine

Selain bunga, cokelat valentine memang seringkali menjadi simbol dalam mengungkapkan kasih sayang kepada pasangan masing-masing. Walaupun banyak wanita yang melakukan diet ketat dan menghindari cokelat pada hari-hari lain unyuk menjaga bentuk tubuhnya, tapi hal ini tidak berlaku pada hari valnetine. Cokelat-cokelat ini tidak hanya dijual di pertokoan besar, bahkan cokelat juga mendadak banyak dijual di toko-toko skala kecil.
Rasa cokelat yang manis membuat cokelat valentine menjadi simbol hubungan cinta yang manis seperti cokelat. Cokelat ini akan semakin bermakna apabila dibuat langsung dengan penuh kasih sayang oleh sang wanita untuk kekasihnya sebagai tanda cinta. Tentunya dengan kreativitas tinggi, cokelat ini dibuat dengna bentuk yang cantik.
Pemberian cokelat valentine ini bahkan untuk beberapa negara sudah bukan menjadi kebisaan, tapi menjadi sebuah kebudayaan. Rasanya janggal apabila valentine dirayakan tanpa adanya sepotong cokelat. Salah satu budaya valentine yang paling kental terlihat adalah di Jepang. Bahkan hari Valentine ini dirayakan pada tanggal 14 Februari sebagai Valentine's day dan 14 Maret yang disebut White day.
Pada tanggal 14 Februari, anak remaja wanita akan memberikan cokelat valentine yang telah dibuatnya dengan kasih sayang untuk lelaki yang disukainya. Para pria ini akan membalasnya pada 14 Maret. Hadiah yang diberikan kepada sang gadis bisa cokelat ataupun hadiah lain yang lebih mahal. Mengapa disebut White Day? Karena mereka akan mengemasnya dalam kotak kotak putih.
Uniknya, cokelat valentine ini tidak hanya diberikan oleh para gadis untuk pria yang mereka sukai. Ada tiga jenis hadiah sesuai maknanya, yaitu cokelat wajib yang disebut giri choco, cokelat untuk hubungan percintaan pria-wanita yang sebut honmei choco dan cokelat untuk teman beserta keluarga sang gadis yang disebut tomo choco.
Dari cokelat-cokelat ini akan terlihat bagaimana persaan sang wanita kepada pria tersebut. Apabila ia hanya memberikan Giri choco atau tomo choco berarti sanga pria hanya teman saja. Akan tetapi, jika diberi coklat honmei, berarti sang gadis memiliki perasaan spesial terhadap sang pria.

Cara Membuat Cokelat Valentine

Seperti halnya para gadis di Jepang, cokelat valentine yang kita berikan, akan lebih berkesan jika dibuat sendiri. Cokelat buatan sendiri biasanya dibuat dengan penuh perasaan. Hal ini akan membuat maknanya lebih spesial, untuk itu, berikut adalah beberapa cara untuk membuat cokelat valentine.

1. Cokelat Isi Cherry Berry

Bahan-bahan yang digunakan:
  • Stroberi dan Buah Cherry
  • Dark Chocolate (Compound Coklat)
  • Cetakan coklat berbentuk Love

Cara Membuat :
  • Lelehkan dark chocolate di atas air panas yang didihkan. Caranya dengan meletakan potongan-potongan cokelat di atas panci. Kemudian siapkan panci lain untuk merebus air. Panci berisi cokelat tadi diletakan di atas panci yang berisi rebusan air. Aduk-aduk cokelat agar tidak menggumpal. Satu hal yang harus diperhatikan dalam pembuatannya, janganlah menambahkan margarin atau mentega. Hal ini akan mengakibatkan lelehan cokelat menjadi susah untuk beku. Aduk-aduk terus hingga cokelat menjadi meleleh.
  • Siapkan cetakan kue, kemudian tuangkan cokelat yang telah dilelehkan tadi sebanyak seperempat bagian dari cetakan. Agar gelembung udara keluar, maka ketukan secara perlahan. Secara merata, oleskan cokelat yang telah dituangkan ke semua bagian sisi cetakan. Masukan ke dalam freezer hingga menjadi beku. Setelah beku, kelurkan dan masukan buah stroberi bersama cheri ke dalam cetakan. Tuangkanlah sisa cokelat tadi sambil diketuk. Ratakan dan kemudian bekukan di dalam freezer selama 3 menit.
  • Setelah beku, keluarkan cokelat dari cetakannya dengan cara mengetuknya secara perlahan. Berhati-hatilah agar cokelat tidak hancur. Setelah itu, cokelat dapat segera dihias dan dibungkus.

2. Cokelat Stroberi

Bahan-bahan yang digunakan:
  • Cooking chocholate
  • Buah Stoberi yang telah dicuci 
  • Permen gula manik-manik.
Cara Membuat :
  • Lelehkan cooking chocholate. Caranya dengan meletak potongan-potongan cokelat di atas panci. Kemudian siapkan panci lain untuk merebus air. Panci berisi cokelat tadi diletakan di atas panci yang berisi rebusan air. Aduk-aduk cokelat agar tidak menggumpal. Satu hal yang harus diperhatikan dalam pembuatannya, janganlah menambahkan margarin atau mentega. Hal ini akan mengakibatkan lelehan cokelat menjadi susah untuk beku. Aduk-aduk terus hingga cokelat menjadi meleleh.
  • Setelah cokelat meleleh sempurna, celupkan buah stoberi ke dalam cokelat. Diamkan beberapa menit agar menjadi dingin. Angkat cokelat dengan hati-hati dan pindahkan ke wadah yang cantil. Beri tabura gula dan manik gula di atas coklat. Biarkanlah selama beberapa menit biarkan menjadi beku. Cokelat siap untuk dihias.

3. Cokelat Cinta Istimewa

Bahan-bahan yang digunakan:
  • Dark chocolate (Compound Coklat)
  • Susu
  • Kacang mete
  • Mentega
  • Cetakan sesuai dengan selera
Cara Membuat :
  • Potong-potonglah dark chocolate (Compound Coklat), kemudian masukan cokelat ke dalam panci. Rebus air hingga mendidih, kemudian di atasnya letakan panci berisi potongan cokelat tadi. Apabila telah meleleh, maka kecilkan api. Yang haru diperhatikan adalah besar panci atau wadah cokelat harus lebih besar dari mulut panci untuk merebus air. Hal ini agar uap air tidak masuk mengenai cokelat, dan membuat cokelat tersebut rusak.
  • Aduk-aduk cokelat hingga meleleh sempurna. Kemudian angkat dan masukan sebagian adonan cokelat ke dalam cetakan cokelat secara perlahan sambil ketok agar gelembung udaranya dapat. Olesi hingga merata ke semua sisi cetakan. Taburi cokelat di dalam cetakan dengan kacang mete. Masukan kembali sisa cokelat tadi agar penuh pada cetakan, kemudian bekukan cokelat di dalam freezer.
  • Saatnya membuat saus. Rebus susu hingga mendidih. Kemudian masukan sedikit potongan cokeat dan mentega. Aduk-aduk hingga rata.
  • Setelah cokelat menjadi beku, secara perlahan sambil diketuk-ketuk, keluarkan cokelat dari cetakan. Masukan cokelat ke dalam wadah. Hias dengan lumuran saus coklat valentine.
Bagaimana tidak sulit bukan membuat cokelat valentine tersebut, bukan? Selain tidak pasaran, cokelat untuk hadiah valentine yang dibuat sendiri pasti akan lebih memuaskan. Apalagi jika seseorang yang Anda beri senang dengan cokelat pemberian. Bisa jadi, perasaan cinta akan semakin tumbuh di antara Anda dan pasangan atau calon pasangan.

1 komentar:

Posting Komentar